15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Ketika Usia Muda Secara Alami

CarakupunyaPenyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Ketika Usia Dini - Rambut merupakan mahkota bagi setiap insan, entah itu laki-laki maupun perempuan. Memiliki rambut yang hitam, indah, berkilau dan sehat adalah dambaan bagi semua orang, karena dapat menjadi tolak ukur seseorang bahwasannya dia type orang yang senang merawat terhadap dirinya. Namun, meskipun seperti itu manusia memang diciptakan sudah berdasarkan kodratinya masing-masing mulai jodoh, rezeki, umur, sifatnya dan juga rambutnya telah ditentukan jenisnya oleh maha pencipta Alloh. Kadang kala memang rambut mengalami masalah yang sebenarnya tidak kita inginkan, sebagai contoh dan bab yang akan kita bahas kali ini yaitu tentang rambut yang beruban di usia dini.




Pada umumnya seseorang akan mulai beruban pada usia antara 50 tahun keatas, namun sekarang sudah banyak anak kecil ataupun orang masih muda umurnya tapi sudah keluar uban atau rambut putihnya. Hal ini memang telah disabdakan oleh nabi bahwasannya nanti di akhir zaman akan datang suatu saat ketika anak-anak kecil sudah mengalami beruban, dan nabi melarang bahwasannya orang untuk menyemir rambutnya dengan warna hitam. Disamping memang telah diprediksi oleh nabi muhammad ada juga faktor yang menyebabkan seseorang yang masih muda sudah berubah menjadi putih, berikut beberapa penyebab rambut anak kecil berubah menjadi putih

Penyebab Seseorang Masih Muda Telah Beruban


1. Genetik atau Keturunan

Faktor utama yang menjadi penyebab seseorang anak kecil telah mengalami beruban karena memang dari orang tua atau keturunannya juga mengalami hal yang sama. Jadi genetika tersebut akan menurun pada anak, atau cucunya, dan memang besar kemungkinan apabila seseorang memiliki penyakit maka anak ataupun cucunya akan mengalami hal yang sama

2. Stress atau Pikiran Terlalu Berat

Faktor lain yang mayoritas dialami oleh anak muda sekarang adalah tekanan demi tekanan yang dirasakan sehingga akan membuat pikiran kacau balau dan memikirkan segala sesuatu seolah-olah ia tanggung sendiri dan memberatkan pada pikirannya sendiri, seperti contohnya tugas sekolah yang banyak, tekanan dari orang tua, dimarahi oleh guru dan lain-lain. 

Hal ini akan menjadikan tekanan pada pikiran yang pada akhirnya akan mengakibatkan enzim yang memproduksi warna rambut menjadi hitam tidak dapat bekerja dan rambut kekurangan nutrisi, alhasil rambut menjadi berwarna putih seperti oran tua. Namun, saya pernah membaca suatu informasi bahwasannya rambut si anak tersebut akan kembali rambut hitamnya apabila tekanan dipikirannya bisa berkurang dan lebih-lebih bisa hilang dan enzim yang memproduksi warna rambut hitam akan bekerja kembali

3. Pola Makan yang Tidak Teratur dan Asal-asalan
Tentu makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat menjadi tolak ukur keadaan badan kita, apabila makanan yang kita makan itu asal-asalan istilahnya "semua jenis makan masuk deeeh", hal yang seperti ini yang akan menjadi faktor timbulnya penyakit yang tidak disangka-sangka dan biasanya seseorang akan menyesal ketika selang beberapa waktu lama atau sampai tuanya karena dulunya pola makan yang tidak teratur serta asal-asalan. 



Hal seperti ini jangan sampai terjadi pada diri kita, meskipun masih muda kita supaya bisa merawat dan menjaga diri kita, prakteknya dengan mengubah gaya hidup yang kurang sehat menjadi pola hidup mengutamakan kesehatan dan kondisi tubuh, ada pepatah mengatakan "mencegah itu lebih baik daripada mengobati" dan memang benar jika kita sejak dini selalu mengedepankan kesehatan kita insyaalloh kita bisa melakukan pencegagan dini akan terjadinya penyakit pada diri kita, pada umunya orang itu pelit untuk merawat dirinya sendiri entah olah raga, membelikan buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain-lain, yang padahal jika kita eman membiayai diri kita untuk pencegahan dini maka ketika kita nanti telah terkena penyakit maka biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar jika dibandingkan kita merawat diri sebelum sakit. 

Itu beberapa penyebab yang berkemungkinan sedikit banyak mengakibatkan anak kecil, anak muda telah mengalami beruban, kadang seorang yang mengalami hal seperti itu akan malu atau minder dengan teman-temannya dan akan cenderung menutup-nutupi rambutnya tersebut agar tidak sampai diketahui orang lain. Pada umumnya manusia akan malu dan sakit hati apabila kekurangannya disebutkan atau diketahui oleh orang lain, namun hal seperti itu sebenarnya tidak perlu karena memang apa yang sedang kita alami dan kita miliki adalah hal yang terbaik yang diberikan oleh pencipta kita Alloh, mungkin menurut kita sendiri kondisi fisik tidak sempurna namun bagi Alloh itulah yang terbaik untuk kita dan pasti ada hikmah yang dapat kita ambil dari itu semua.

Tugas kita tidak usah memikirkan kekurangan kita saja namun kita perlu merenungkan nikmat dan kelebihan yang Alloh berikan kepada kita dan mensyukurinya. Nah, untuk langkah tepatnya kita tidak boleh menyerah begitu saja dan selalu minder pada orang lain, tapi setidaknya kita mau berusaha untuk menyembuhkannya dan kali ini kami akan berbagi beberapa tips yang bisa dicoba guna menyembuhkan dan mengatasi sakit beruban pada anak kecil, muda bahkan tua, silahkan baca artikel dari kami dengan seksama.


Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Ketika Usia Muda


A. Mengobati Rambut Beruban dengan Tehnik Pengobatan dan Kebiasaan yang Baik

1. Mengatasi Rambut Beruban dengan Memijat Kepala Dengan Lembut

Uban yang dapat muncul pada sebagian anak muda ini dapat disembuhkan atau paling tidak dapat diperlambat laju pertumbuhannya, yaitu salah satu cara yang efektif adalah dengan melakukan pijat akupresur. Seorang ahli menyatakan terdapat beberapa titik pada tehnik akupresur yang dapat mengobati dan memeperbaiki kinerja ginjal dan paru-paru seseorang, karena ginjal dan paru-paru yang bekerja secara optimal dapat mencegah timbulnya uban sebelum waktunya.

1. Titik ginjal 1 di telapak kaki bagian tengah
2. Titik ginjal 3 di sebelah atas mata kaki
3. Titik paru-paru 1 di dada
4. Titik paru-paru 5 di lipat siku bagian dalam segaris dengan jempol
5. Titik paru-paru 7 di pergelangan tangan
6. Titik meridian kandung kemih 23
7. Titik meridian kandung kemih 13 di puncak tulang belikat, 2 jari lebar kiri dan kanan

Lakukan cara ini paling tidak seminggu 2-3 kali untuk hasil optimal.

Sedikit tambahan dari kamiagar kepala atau pikiran Anda menjadi tenang yaitu dengan menyisir rambut dengan gerakan lembut dan membuat nyaman. Dengan cara ini kepala akan terasa nyaman dan pikiranpun akan ikut tenang dan nyaman.

2. Mengatasi Rambut Beruban dengan Melakukan Refreshing
Penyebab utama rambut beruban pada usia yang reltif muda selain dari genetik adalah karena pikiran yang terbebani atau memikirkan sesuatu terlalu berat. Hal ini menyebabkan pigmen rambut akan berkurang dan pada akhirnya mulai kelihatan sehelai demi sehelai rambut yang berwarna putih. Nah jika Anda mengalami hal yang serupa, kami sarankan Anda untuk melakukan refreshing atau melakukan sesuatu yang bermanfaat agar tidak memikirkan suatu hal yang sebenarnya tidak perlu untuk dipikirkan terlalu berlebihan, misalnya Anda bisa berenang, jalan-jalan atau wisata bersama keluarga, atau bisa juga menyalurkan hobi Anda seperti bermain sepak bola, futsal, bola basket. Dengan begitu pikiran akan menjadi tenang dan masalah yang dipikirkan akan hilang sejenak.

Berdasarkan pengalaman, jika Anda mengalami pikiran yang terlalu berat Anda dapat melakukan pengaturan pernafasan agar diri Anda menjadi tenang, yaitu dengan cara tarik nafas dalam-dalam lalu tahan dan keluarkan secara perlahan-lahan. Cara lain untuk menjadikan Anda tenag adalah istirahat atau tidur, dengan tidur pikiran Anda akan menjadi tenang dan setelah bangun badan akan menjadi segar dan fresh.

3. Mengatasi Rambut Beruban dengan Cara Istirahat Yang Cukup

Sehari semalam istirahat seseorang pada umumnya minimal 8 jam agar badan  ketika bangun bisa segar dan bisa digunakan secara maksimal. Usahakan dalam 1 hari Anda bisa beristirahat paling tidak 8 jam, dan hindari kebiasaan begadang hingga tengah malam karena beberapa ahli menyatakan
tidur yang kurang serta begadang akan membuat rambut beruban akan lebih cepat berkembang.

4. Menerapkan Pola Hidup Sehat  
Pola makan yang tidak tepat justru akan membuat tingkat pertumbuhan uban semakin cepat dan menyebar, dianjurkan untuk orang yang terlanjur mengalami rambut yang beruban untuk menghindari minuman beralkohol, merokok, dan hal-hal yang lain yang menjadikan badan semakin tidak sehat. Nah anjuran dari beberapa ahli adalah mengganti pola makan Anda mulai dari sekarang dengan makanan yang sehat dan alami, seperti sayuran, buah-buahan, susu dan lain-lain. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi dapat meregenerasi sel pada tubuh Anda termasuk pada Rambut Anda.

Beberapa Jenis Makanan yang baik untuk kesehatan Rambut  Beruban:


1. Jus Wortel
2. Jus Jambu
3. Jus Tomat
4. Jus Wortel dicampur dengan bayam dan wijen
5. Jus Melon
6. Dan buah-buahan yang lain yang mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh
7. Daun Pegangan

Dan ada juga jenis makanan yang musti dihindari karena tidak baik untuk ginjal dan paru-paru, diantanya :

1. Kacang Hijau
2. Taoge
3. Selada
4. Sawi-sawian
5. Sirsak
6. Duku
7. Lidah Buaya
8. Santan
9. Dan berbagai jenis makanan lainnya yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula buatan, dan bahan kimia.

5. Mencegah Timbulnya Uban dengan Menghindari Gampang Emosi
Salah satu penyebab seseorang beruban dengan cepat adalah sifat yang mudah marah atau emosi, hal ini harus dihindari karena dapat memicu timbulnya uban semakin cepat. Mungkin ada sifat seperti ini memang sudah bawaan dari seseorang, namun kita dapat mengubahnya sedikit demi sedikit menjadi yang lebih baik, yaitu dengan ketika kita akan marah ingatkan bahwa itu adalah pengaruh dari syetan dan juga suatu masalah tidak akan bisa terselesaikan dengan emosi namun harus kita mencari jalan keluar dari masalah kita tersebut.

Itulah beberapa pola hidup yang harus dipraktekan untuk hasil yang maksimal menyembuhkan rambut beruban Anda, Nah berikut ini kami akan memberi tips agar rambut beruban Anda dapat diobati dengan ramuan alami dan sehat, silahkan disimak.


B. Mengobati Rambut Beruban dengan Ramuan Khusus dan Alami

1. Olive Oil atau Minyak Zaitun

Cara Menghitamkan Rambut dengan Minyak Zaitun sudah cukup terkenal di kalangan Pecinta Kecantikan dan khasiatnya bisa dirasakan sangat ampuh.
Caranya : 
- Oleskan minyak zaitun pada seluruh bagian pangkal rambut Anda pada malam hari
- Diamkan hingga keesokan harinya
- Lalu bilaslah rambut Anda menggunakan shampoo pada pagi hari

Lakukan cara mengatasi rambut beruban dengan minyak zaitun setiap hari dan kerjakan secara teratur

2. Lidah Buaya
Serat yang terdapat pada Lidah Buaya dipercaya dapat menjadikan rambut sehat, tebal dan hitam berkilau, Anda bisa mencobanya untuk mengobati rambut beruban :
Caranya :
1. Oleskan serat lidah buaya pada rambut Anda
2. Diamkan selam 15-20 Menit 
3. Bilaslah dengan air hingga bersih

3. Menghitamkan Rambut dengan Minyak Kemiri
Minyak kemiri sudah sangat terkenal di kalangan orang indonesia mampu menghitamkan rambut yang beruban. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kemiri dipercaya mampu mengoptimalkan proses penghitaman rambut secara alami dan cepat. Dan bahkan beberapa pabrik juga sudah membuat sampo dan vitamin rambut dengan kandungan bahan dasar kemiri. karena memang herbal ini mampu menyuburkan rambut, menghitamkan rambut dan membuatnya lebih tebal, sehingga akan terlihat indah .
Caranya :
1. Oleskan minyak kemiri pada rambut Anda
2. Diamkan beberapa saat
3. Bilas dengan air hingga bersih

Kerjakan secara teratur dan dalam 2 minggu rambut Anda akan terlihat berkilai dan sehat alami

4Menghitamkan Rambut dengan Kopi Hitam

Jika Anda ingin memiliki rambut yang hitam berkilau maka Anda dapat mencoba menggunakan kopi hitam alami untuk obat herbal uban Anda.
Caranya :
1. Buat adonan kopi hitam tanpa gula
2. Basuhkan air kopi hitam tersebut pada rambut Anda hingga merata
3. Tunggu hingga 15-20 menit
4. Bilas dengan air hingga benar-benar bersih
Lakukan cara ini secara teratur maka dalam beberapa hari saja rambut Anda akan terlihat hitam berkilau.

5. Buah Mangga Untuk Menghitamkan Rambut
Buah yang banyak digemari orang ini ternyata bisa untuk menghitamkan rambut dan juga bisa menjadikan rambut halus dan terbebas dari
kekeringan dan kusam.
Caranya :
- Ambil Buah Mangga Muda
- Siapkan juga daun mangganya
- Tumbuk keduanya bersamaan dan tambahkan minyak kelapa
- Oleskan ramuan tersebut sampai merata pangkal rambut
- Diamkan 1-2 jam
- Basuh dengan air hingga bersih

6. Minyak Cem-ceman
Minyak cem-ceman merupakan campuran aneka daun herbal dengan minyak kelapa sawit dan urang aring. Minyak ini dinilai sangat efektif untuk menjadikan rambut yang awalnya rusak, merah, kering menjadi hitam berilau, tebal dan anti rontok secara alami.

7. Memanfaatkan Biji Pepaya Untuk Mengobati Rambut Beruban
- Sediakan pepaya yang sudah matang
- Sangrai Pepaya tersebut terlebih dahulu
- Silahkan Tumbuk sampai halus dan juga campur dengan minyak kelapa
- Setelah itu oleskan ramuan tersebut pada rambut Anda
- Diamkan selama 2-3 jam
- Bilas dengan air hingga bersih

8. Buah Amla India

Buah Amla India berasal dari India namun sayangnya agak susah ditemukan di Indonesia. Tapi, buah ini bisa kita dapatkan dalam bentuk ekstrak bubuk yang banyak dijual di Toko Obat Herbal atau Tradisional di sekitar Anda.

- Campur bubuk buah Amla dengan perasan Air Jeruk Nipis
- Oleskan ramuan tersebut pada rambut Anda sampai merata
- Biarkan beberapa menit
- Bilas dengan air sampai bersih 

9. Teh 

Teh merupakan salah satu bahan alami yang dapat mengobati rambut beruban Anda, ekstrak yang terdapat pada teh memiliki manfaat untuk memberikan kesehatan pada rambut Anda

- Didihkan Teh Hitam Anda
- Diamkan sampai hangat
- Embunkan selama 1 malam
- Gunakan ramuan tersebut untuk rambut Anda
- Diamkan selama 20-30 menit

- Bilas rambut Anda dengan air sampai bersih

10. Minyak Kembang Sepatu
Minyak ini dinilai bisa menjadi alternatif untuk menghitamkan rambut Anda yang kemerahan, kusam dan rontok. Cara membuat ramuan ini juga cukup mudah.

- Ambil 5 kembang sepatu dan ditumbuk sampai halus
- Tambahkan madu kedalamnya
- Oleskan ke rambut anda sampai merata
- Biarkan beberapa menit
- Basuh Dengan Air Bersih Atau Sampo


Nah itulah beberapa Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Ketika Usia Dini , silahkan dipraktekan untuk mengatasi rambut beruban atau memperlambat pertumbuhan uban pada rambut Anda. Terima kasih

Kata Kunci Terkait : menyembuhkan uban,menngatasi uban di usia muda dengan cepat,menghilangkan uban dari dalam,mengobati uban dengan kulit kentang,mengobati ubanan,mengobati uban pada anak,mengobati uban rambut,mengobati uban usia dini,mengobati uban dini,mengobati uban secara tradisional alami

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Rambut Beruban Ketika Usia Muda Secara Alami"

Post a Comment